8 Gejala Kurang Minum Saat Beraktivitas

Apa cuma gue di sini yang lagi nggak ada angin nggak ada hujan kepala tiba-tiba pusing/pening tanpa alasan yang jelas? Padahal kondisi badan lagi fit-fit aja, tapi kepala suka kliyengan sendiri. Saat gue “ngadu” ke nyokap, eh nyokap malah marah-marah. “Nah, ketawan belom minum ya kamu seharian?!” Dalam hati nge-iya-in, tapi pengen ngaku takut tambah diamuk. Kok nyokap bisa tau ya?

Nah, waktu itu gue lagi main Twitter, tiba-tiba ada sebuah tweet begini: “8 Gejala Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas” dari account @detikcom. Gue langsung buka link yang dicantumin di tweet itu dan gue langsung cengo sendiri. Ternyata, gejala yang selama ini gue alami disebabkan karena gue kurang minum!

Okidii, karena gue baik, berikut gue kasih gejala-gejala kalo kita kurang minum (sumber: http://wolipop.detik.com/read/2013/05/28/122805/2257831/1135/8-gejala-anda-kurang-minum-saat-beraktivitas):

 

1. Mulut Terasa Kering

Jika mulut kering, kemungkinan besar lo dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut kering. Jadi, kalo lo lagi mengonsumsi obat, mulut kering bisa dikarenakan obat atau keduanya.

 

2. Sakit Kepala

Sakit kepala tanpa alasan jelas? Itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalo lo harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, selalu siapin segelas air atau minuman manis di meja kalo lagi beraktivitas.

 

3. Urin Berwarna Gelap

Biasanya orang yang dehidrasi itu warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Kalo memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, lo perlu meminum banyak air.

 

4. Pusing

Yak, pusing ini merupakan gejala umum kalo tubuh tidak mendapatkan cukup cairan. Namun, gejala ini juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti obat atau rasa kantuk. Nah, makanya itu lo harus peka sama kondisi tubuh sendiri, jangan peka sama cinta doang huahaha *plak*, karena bisa aja pusing yang dirasakan kombinasi dari obat dan dehidrasi.

 

5. Kelaparan

Laper? Ada kemungkinan kalo tubuh kurang cairan. Nggak cuma makanan yang menyebabkan rasa lapar, tapi dehidrasi juga mempengaruhi hal tersebut. Ambil beberapa camilan ditambah segelas air supaya tubuh lebih segar.

 

6. Lesu dan Mengantuk

Lesu dan mengantuk bisa jadi merupakan tanda lo kurang minum. Makanya, kalo lo ngantuk pas lagi belajar, sekolah, atau kerja, coba minum segelas air dingin untuk membantu menyegarkan tubuh serta pikiran. Air juga bikin lo balik jadi bersemangat lagi.

 

7. Kulit Kering

Kulit kering juga bisa menunjukkan kalo lo dehidrasi. Ibarat tanaman yang jarang disirami air ‘kan pasti kering. Begitu pula dengan tubuh. Apalagi kalau udah memakai lotion setiap berpergian, tapi kulit tetap saja kering. Selain lotion, perbanyak minum air supaya tubuh terus terhidrasi sehingga kulit tidak terlihat kering dan kusam.

 

8. Detak Jantung Tak Beraturan

Suka ngerasa detak jantung nggak beraturan? Padahal lagi nggak naksir siapa-siapa? *apa lagi ini* Bisa jadi tubuh kekurangan cairan. Selalu banyak minum selama menjalani aktivitas.

 

Ingat, semua orang rata-rata membutuhkan 8 gelas air setiap hari.

Jadi kalo lo ngerasa salah satu dari delapan gejala di atas, bisa jadi lo kekurangan cairan. Sekian, tips #LagiSerius dari gue, semoga bermanfaat. Juga terima kasih seluas-luasnya, setinggi-tingginya dan sedalam-dalamnya buat detik.com dan wolipop yang udah ngasih kita informasi berguna ini. Siya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s